Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Gemar Membaca Pada Siswa SD Inpres Korem Biak Utara
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat melalui revitalisasi perpustakaan sekolah di SD Inpres Korem Biak Utara dengan tujuan utama menumbuhkan budaya gemar membaca siswa. melakukan pembenahan perpustakaan menjadi lebih menarik dengan menata ulang rak buku, posisi meja dan mengelompokkan buku-buku berdasarkan kategorinya dan implementasi program literasi yang aktif melibatkan siswa serta komunitas sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kolaboratif, melalui observasi, wawancara, ceramah dan sosialisasi. Hasil revitaslisasi perpustakaan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan dan jumlah buku yang dipinjam setelah implementasi program. Dengan demikian, pengabdian ini berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang budaya gemar membaca siswa SD Inpres Korem Biak Utara, mengukuhkan peran strategis perpustakaan sebagai sumber daya pendidikan yang vital dalam masyarakat
References
Imron, M. A., & Kuntarto, E. (2019). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Repository Unja. Retrieved from.https://repository.unja.ac.id/9746/1/ARTIKEL%20MUHAMMAD%20ALI%20IMR ON.pdf.
Ramadhanty, T., & Agustiana, H. S. (2022). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Guna Meningkatkan Gerakan Literasi Pada Siswa Sd Islam Al Falih Kota Kediri. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4255–4262.Https://Doi.Org/10.53625/Jabdi.V2i3.2491
Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95. Https://Doi.Org/10.24034/J25485024.Y1999.V3.I2.1886.
Ridwan, R., Rohana, R., & Susilawati, H. (2023). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Madrasah Aliyah (Ma) Hidayatullah Mataram. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2155. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V7i3.16817.
Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susilowati, E.,Kusumaningrum, H., Puspitasari, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan Untuk Meningkatkan Minat Baca Dan Budaya Literasi Siswa Mi Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin Kkn Pendidikan, 2(2), 63–68. Https://Doi.Org/10.23917/Bkkndik.V2i2.11842.
Umar, W. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa melalui Gerakan Majalah Dinding Kelas. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 206–215. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i3.394
Wahyuningrum, F., Zanjabiila, A., Afifah, A., Rachmawati, M. D., Sayoga, N. P., Wipradharma, M., & Zen, B. P. (2023). Revitalisasi Perpustakaan Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Smp Negeri 2 Gondangrejo, Karanganyar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3, 71–79. Https://Doi.Org/10.56972/Jikm.V3i1.97.
Jenis artikel dari jurnal online tanpa DOI
Dhafia, K. F. (2023). Analisis Manfaat Implementasi Mading Kreasi Siswa sebagai Bentuk Inovasi Belajar Menyenangkan di SDN Mlajah 2. 1, 129–142