Pembinaan Pelayanan Teknis Administrasi Prioritas Prosedur Persuratan di Kampung Mnuswor

  • Samsiah Samsiah IISIP Yapis Biak
  • Jelita Purnamasari IISIP YAPIS Biak
  • A. M. Dadang IISIP YAPIS Biak
  • Patma Tuasikal IISIP YAPIS Biak
  • Ismail Ibrahim IISIP YAPIS Biak
Keywords: Administrasi persuratan, pelatihan, pemanfaatan teknologi, dan kampung.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan perangkat desa dalam menjalankan prosedur administrasi persuratan serta memanfaatkan teknologi dalam pengelolaan administrasi di Kampung Mnuswor. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang prosedur administrasi yang benar serta keterampilan dalam membuat surat resmi yang sesuai dengan standar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pelatihan teori dan praktik dengan materi yang difokuskan pada format surat resmi, prosedur penyusunan surat, serta pemanfaatan teknologi dalam administrasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman prosedur administrasi dan keterampilan peserta dalam menyusun surat resmi. Meskipun ada tantangan terkait dengan pemanfaatan teknologi, seperti keterbatasan akses terhadap perangkat yang memadai, peserta menunjukkan semangat yang tinggi untuk belajar. Keberhasilan pelatihan ini memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan administrasi berbasis digital di desa. Oleh karena itu, penting untuk melanjutkan pelatihan dengan fokus pada pengenalan teknologi dan pemecahan masalah teknis yang dihadapi oleh perangkat desa untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik di masa depan

References

Adriani, M., Albar, R., Wibawa, M. B., & Serianti, P. (2024). Analisis pengelolaan manajemen arsip serta pemanfaatan teknologi sistem informasi manajemen (SIM) berbasis website pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Barat. Journal of Informatics and Computer Science, 10(2), 90–94.
Aulia, L. (2023). Peran pendidikan administrasi perkantoran di era digital. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 2(2), 52–55.
Bria, A. T. P., Ethelbert, Y. K., Indriyati, I., & Nyong, F. (2024). Pengembangan sistem penataan dan pengelolaan surat masuk dan surat keluar di Kantor Desa Oringbele Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(4), 933–948.
Chandra, L. P., & Efendi, D. (2024). Pengaruh akuntabilitas, efektifitas kerja, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan publik dimoderasi transparansi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 13(4).
Ghainau, A. W., Renyaan, D., Bajari, A. H., Pramono, N. R. I., Rumbiak, M., & Ilham, I. (2023). Pelatihan Penataan Administrasi Pemerintahan Kampung Di Kampung Nolokla Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1482-1487.
Haris, U., Kontu, F., & Oja, H. (2023). Sosialisasi sistem pengarsipan guna meningkatkan tata kelola administrasi di Kampung Yanggandur Merauke. Kreativasi: Journal of Community Empowerment, 2(3), 365–373.
Mendrofa, Y. F. J., Lase, D., Waruwu, S., & Mendrofa, S. A. (2023). Analisis kebutuhan pelatihan dan pengembangan perangkat desa se-Kecamatan Alasa Talumuzoi dalam meningkatkan pelayanan publik. Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 11–21.
Sahputra, H., Yesputra, R., Lubis, A. P., & Furqon, F. (2024). Pentingnya digitalisasi layanan publik desa. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 4(1), 122–126.
Ulfa, S. W., Monalisa, F. N., & Nasution, M. I. M. (2023). Peran Tenaga Administrasi di Madrasah Aliyah Swasta Hifzil Qur'an Islamic Centre Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29001-29007.
Sudrajat, Y. (2024). Analisis reformasi tata kelola administrasi pemerintahan (studi kasus provinsi Jawa Barat). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(2), 1954-1965.
Susilowati, N., Suni, A. F., Ferdiana, F., & Setyawan, S. (2023). Penguatan Pelayanan Administrasi Melalui Digital Village sebagai Upaya Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Desa Randugunting. Madaniya, 4(4), 1536-1550.
Published
2024-11-25
How to Cite
Samsiah, S., Purnamasari, J., Dadang, A. M., Tuasikal, P., & Ibrahim, I. (2024). Pembinaan Pelayanan Teknis Administrasi Prioritas Prosedur Persuratan di Kampung Mnuswor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 26-33. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/JPM/article/view/439
Abstract viewed = 72 times
PDF downloaded = 42 times