Cenderawasih: Journal of Administration and Management Public Literation (Jamil) https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih <p><strong>Cenderawasih: Journal of Administration and Management Public Literation (Jamil)</strong> adalah jurnal yang dapat di terbitkan dua kali setahun setiap bulan Februari dan Agustus menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. <strong>Cenderawasih: Journal of Administration and Management Public Literation (Jamil)</strong>&nbsp;menerima artikel hasil penelitian di bidang kebijakan publik, pelayanan publik, birokrasi, manajemen publik, pengembangan organisasi, manajemen sumber daya manusia sektor publik dan isu-isu publik yang terkait.</p> en-US humas@iyb.ac.id (Drs. Djamil Hasim.,SE. M. Si) irwan@iyb.ac.id (Irwan, S.Kom., M.Kom) Mon, 30 Aug 2021 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MOROWALI UTARA https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/153 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Morowali Utara. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan dasar penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini ditentukan secara Porpossive dengan jumlah informan sebanyak 7 (Orang), Teknik pengumpulan data melalui informan yang disertai dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teori Suyadi Prwirasentono, dimana terdapat 4 (empat) indicator yang ada bahwa Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Morowali Utara dilihat dari Efektivitas,Otoritas dan Tanggung Jawab, Disiplin, Inisiatif. Berdasarkan hasil penelitian yang ada bahwa kinerja pegawai pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Morowali Utara dilihat dari Efektivitas, Otoritas dan Tanggung jawab, Inisiatif sudah dianggap cukup baik. Tetapi dilihat dari indicator Disiplin Pegawai hasilnya masih kurang baik, dalam hal disiplin kehadiran para pegawai tidak sesuai aturan yang berlaku. Dari Keterlambatan dikarenakan ada kendala diluar seperti yang sudah berkeluarga mengurus rumah tangga dan mengurus anak-anak, mengatur sekolah lebih dulu dan wewenang yang ada sebagai pegawai kantor terlambat masuk kantor. Walaupun hal demikian terjadi pegawai yang terlambat menambah jam kantor dari sekian jam yang telah ditentukan oleh aturan.</p> Jumiani Jumiani, Syahruddin Hattab, Arsyad Arsyad Copyright (c) 2021 Jumiani Jumiani, Syahruddin Hattab, Arsyad Arsyad https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/153 Mon, 30 Aug 2021 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DANA DESA DI DESA TOFUTI KECAMATAN BUNGKU TENGAH KABUPATEN MOROWALI https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/154 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi Kebijakan Dana Desa di Desa Tofuti Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Dasar penelitian ini menggunakan dasar penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan obserfasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Penetapan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive dengan menetapkan 7 informan yang dianggap mampu dan mengetahui permasalahan kebijakan dana desa di Desa Tofuti. Sedangkan analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) aspek ukuran dan tujuan kebijakan yang dimana aparat desa belum memahami betul apa yang dimaksud dari ukuran dan tujuan kebijakan sehingga hanya memutuskan satu program kerja yang pada akhirnya tidak telalu berdampak besar terhadap masyarakat. 2) aspek sumberdaya yang belum memadai, kurangnya pemahaman pegawai dan cara mengoperasikan teknologi dalam pengelolaan dana desa, kurangnya pelatihan dan juga sosialisasi terhadap aparat desa dan juga masyarakat. 3) aspek karakteristik agen pelaksana masih ada pegawai yang tidak bekerja sesuai tupoksi kerjanya. 4) aspek sikap para pelaksana belum menunjukkan sikap yang mendukung dalam melakukan hal-hal yang diamanatkan dalam kebijakan guna mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi pengelolaan dana desa. 5) aspek komunikasi antar organisasi pelaksana yang belum optimal karena kurangnya koordinasi antara pegawai dan juga terhadap masyarakat dalam melaksanakan kebijakan dana desa. 6) aspek lingkungan Sosial, Ekonomi, dan Politik masih belum terlalu mempengaruhi betul terhadap kehidupan masyarakat karena dari tiga lingkungan tersebut belum bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga masih kurangnya melibatkan atau berinteraksi dengan masyarakat serta kurangnya pengaruh politik terhadap kebijakan tersebut.</p> Arifudin Arifudin, Abdul Rivai, Rina Wulandari Copyright (c) 2021 Arifudin Arifudin, Abdul Rivai, Rina Wulandari https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/154 Mon, 30 Aug 2021 00:00:00 +0000 HUBUNGAN ADAPTASI DAN INTEGRASI DENGAN PROSES BELAJAR KOLEKTIF PADA KOMUNITAS BAJO DI KABUPATEN BONE SULAWESI SELATAN INDONESIA https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/155 <p>Fokus masalah penelitian adalah rendahnya kemampuan adaptasi dan integrasi komunitas Bajo terhadap lingkungan sosialnya. Untuk mengetahui kemampuan adaptasi dan integarsi komunitas Bajo terhadap lingkungan sosialnya, secara sosiologis dapat dikaitkan dari sisi komunitas Bajo dan masyarakat sekitarnya dengan menggunakan konsep Eder (1992) tentang Collective Learning Process, bahwa rendahnya kemampuan adaptasi dan integrasi ada hubungannya dengan kemampuan collective learning process. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkapkan kemampuan proses belajar kolektif komunitas Bajo dalam beradaptasi dan berintegrasi dengan lingkungan sosialnya; (2) menganalisis kecenderungan hubungan antara kemampuan adaptasi dan integrasi dengan proses belajar kolektif komunitas Bajo. Pengumpulan data dilakukan melalui: (a) wawancara mendalam (in-depth interview) terhadap sejumlah informan dengan teknik purposive, triangulasi dan snowball. (b) observasi partisipasi, dan (c) dokumentasi. Data dan informasi dianalisi melalui analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan proses belajar kolektif komunitas Bajo dalam beradaptasi dan berintegrasi dengan lingkungan sosialnya relatif rendah; (2) ada kecenderungan semakin rendah kemampuan belajar kolektif semakin rendah kemampuan beradaptasi dan berintegrasi komunitas Bajo dengan lingkungan sosialnya, dan dengan menerapkan proses belajar kolektif dalam kelompok dapat meningkatkan kemampuan adaptasi dan integrasi komunitas Bajo dengan lingkungan sosialnya</p> Syamsul Bakhri Gaffar Copyright (c) 2021 Syamsul Bakhri Gaffar https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/155 Mon, 30 Aug 2021 00:00:00 +0000 ORGANIZATIONAL PERFORMANCE OF THE REGIONAL DISASTER MANAGEMENT AGANCY OFFICE IN THE CITY OF PALU https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/156 <p>Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Kinerja Organisasi pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Palu. Tipe penelitian yang digunakan deskriktif kualitatif yaitu memberikan gambaran dan penjelasan lebih rinci dari variabel yang dilakukan melalui teknik penelitian kepustakaan serta penelitian lapangan yang terdiri dari observasi secara langsung ke objek penelitian, wawancara secara langsung kepada informan, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ditentukan secara purpossive berjumlah 7 (Tujuh) Orang. Penelitian ini menggunakan Teori Agus Dwiyanto (2015) dimana ada 5 (Lima) Indikator untuk mengukur kinerja organisasi yang meliputi Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa produktifitas pada kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Palu belum berjalan dengan baik, dalam hal ini dilihat dari aspek tingkat kedisiplinan pegawai perlu ditingkatkan lagi, sumber daya manusia yang kurang memadai baik dari segi jumlah maupun kemampuan, kemudian responsivitas pada kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Palu masih perlu diperhatikan terkait dari beberapa program yang dijalankan belum sesuai dengan harapan masyarakat.</p> Kemala Novriyanti, Muh Irfan Mufti, Shadiq Shadiq Copyright (c) 2021 Kemala Novriyanti, Muh Irfan Mufti, Shadiq Shadiq https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/156 Mon, 30 Aug 2021 00:00:00 +0000 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MAKASSAR JEANS HOUSE KOTA PALU https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/157 <p>Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Makassar Jeans House di Kota Palu. Tipe penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Kausal Komperatif, penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan angka dalam penyajian data dan analisis menggunakan uji statistika, Kausal Komperatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk membandingkan suatu variabel antara subjek yang berbeda dan dapat menemukan hubungan sebab akibat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang pelanggan Makassar Jeans House di Kota Palu dengan metode NonProbability Sampling yaitu sampel yang tidak memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih sebagai sampel dan Teknik Accidental Sampling yaitu Teknik penentuan sampel secara kebutulan. Penelitian ini menggunkan Teori Zeithaml (1996) dimana ada 5 (lima) Indikator untuk mengukur Kualitas Pelayanan yang meliputi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan mempunyai hubungan yang kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0.766, Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. berdasarkan hasil koefisien determinasi kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 58.7%, sedangkan sisanya 41.3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini</p> Fachrul Alfajar, Muzakir Tawil, Mustainah Mustainah, Jetty Jetje Polii Copyright (c) 2021 Fachrul Alfajar, Muzakir Tawil, Mustainah Mustainah, Jetty Jetje Polii https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/157 Mon, 30 Aug 2021 00:00:00 +0000 GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DI KANTOR DESA MOAHINO KECAMATAN WITA PONDA KABUPATEN MOROWALI https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/158 <p>Penelitian ini dilakukan di Kantor Desa Moahino Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Gaya Kepemimpinan Kepala Desa di Kantor Desa Moahino Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan dasar penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif informan ditentukan ketika peneliti memasuki wilayah penelitian yaitu berjumlah 7 orang. Selain itu, dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun data yang diperlukan yaitu data primer da data sekunder. Dengan metode analisis data melalui Pengumpulan Data, Kondensasi Data, Penyajiian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Gaya Kepemimpinan dari Ronald Lippit dan Ralp K. White dalam Habani Pasolong (2015), dia membagi Gaya kepemimpinan kedalam tiga aspek, yaitu Gaya Kepemimpinan Otokratis, Gaya Kepemimpinan Demokratis, dan Gaya Kepemimpinan Laissez Faire. Penelitian yang dilakukan penulis, diperoleh kesimpulan bahwa Gaya kepemimpinan yang di terapkan Kepala Desa Moahino adalah Gaya Kepemimpinan Demokratis. Dikatakan Demokratis dimana dalam menjalankan perannya sebagai Kepala Desa Moahino, kepemimpinan yang dilakukan sudah cukup baik, peran-perannya seperti pemecah konflik, peran mengambil keputusan, peran penyampaikan informasi, peran mempengaruhi, serta peran menjalin hubungan dalam berkomunikasi. Upaya pemecahan masalah atau konflik serta pengambilan keputusan, beliau menerima saran atau ide-ide dan kritikan yang masuk dari bawahan yang dilakukan dengan musyawarah melalui komunikasi terbuka saat diadakan pertemuan rutin atau rapat. Sedangkan Gaya otokratis dan Laissez Faire diterapkan hanya saat waktu sudah mendesak.</p> Nofi Wendari, Daswati Daswati, Fatmah W Tamher Copyright (c) 2021 Nofi Wendari, Daswati Daswati, Fatmah W Tamher https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/158 Mon, 30 Aug 2021 00:00:00 +0000