PERAN GANDA PEREMPUAN PEDAGANG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI KELURAHAN KARANG MULIA DISTRIK SAMOFA KABUPATEN BIAK NUMFOR

  • MINCE YARE
Keywords: Kesejahteraan Keluarga, Perempuan Pedagang, Peran Ganda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ganda perempuan pedagang dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga Kelurahan Karang Mulia Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor. . Data penelitian di analisis dengan cara pendekatan kualitatif, data kualititatif diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam kepada informan., sedangkan analisisi kualitatifnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan Peranan perempuan pertama berkaitan dengan pengasuhan anak sudah dilakukan dengan cukup baik oleh orang tuan. Bertanggung jawab untuk menyediakan kebutuhan konsumsi makanan dan ketiga berkaitan dengan kegiatan memproduksi sejumlah material untuk kebutuhan konsumsi domestic ini juga sudah dilakukan dengan cukup baik oleh ibu-ibu yang menjadi informan dengan selalu menyediakan makan dari hasil kebun mereka. Peranan perempuan dalam rumah tangga tersebut berimplikasi pada usaha-usaha yang dilakukan perempuan dalam rangka menambah pendapatan keluarga sudah dilakukan cukup baik oleh para istri dengan membantu suami menambah pendapatan keluarga.

References

Ahmadi, Abu. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta.
Budiman. 2011. Penelitian Kesehatan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Dewi, P.2008. Pemisahan Minyak Atsiri Daun Kemangi (olimum basilirum) Secara KLT dan Aktifitasnya Terhadap Malasezia Fusfur in Vitro, Skripsi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro.
Johnson David & Roger Johnson.(2000).Leading The Cooperative School.Edina,MN: Interaction Book Company.
Notopuro, SH Haditjo, 2000, Peranan Wanita Dalam Masa Pembangunan Indonesia, Jakarta, Ghalia Indonesia.
Soekanto, Soerjono. 2004. Sosiologi Keluarga. Jakarta : PT Rineka Cipta. Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Published
2021-09-30
Abstract viewed = 1923 times
PDF downloaded = 7457 times