Strategi Komunikasi Dalam Pelayanan Informasi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Biak Numfor

  • Hepi Hastuti
  • Rahmah Agustiani IISIP YAPIS Biak
Keywords: Strategi Komunikasi, Pelayanan Publik

Abstract

Strategi komunikasi merupakan suatu kegiatan yang mutlak perlu dilakukan, baik oleh pribadi, kelompok, lembaga maupun organisasi. Strategi komunikasi juga pada hakekatnya adalah usaha yang dilakukan secara sadar dan terus - menerus serta diorganisasikan untuk memilih yang terbaik dari berbagai alternatif yang ada bagi pencapaian tujuan tertentu. Karenanya sebuah strategi harus dilakukan jauh sebelum kegiatan dilaksanakan, khususnya bagi sebuah lembaga atau organisasi, tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menggambarkan strategi komunikasi dalam pelayanan infomasi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Biak Numfor, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisi Deskriptif kualitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan sudah berjalan dengan baik. Yang dilakukan yaitu melalui baliho, spanduk, dan 1 unit mobil yang telah dilakukan. Untuk himbauan masyarakat membayar pajak, Efektivitas media prasarana yang dimiliki oleh Dinas Pendapatan sudah berjalan dengan baik, yang dimiliki oleh Dinas Pendapatan yaitu mobil 1 unit untuk melakukan sosialisasi.

References

Ardianto, Elvinaro dan Bambang Q-Anees. 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Ahmad, Busyairi. 2019. “PEMBERDAYAAN SOSIAL MASYARAKAT (Studi Deskriptif Tentang Perubahan Perilaku Masyarakat Kelurahan Fandoi Dalam Pemberdayaan Tas Noken Sebagai Sumber Penghasilan).” Jurnal Gema Kampus 14:34–41
Cutlip, M Scoot, cs, 2000. Effective Public Relation 8th Edition.Prentice. New Jersey: Prentince Hall Internasional
Cutlip, M Scoot, cs, 2006.Effective Public Relation 9th Edition. Prentice. Jakarta: Bumi Aksara
Courtland L. Bovee, John V. Thill, 2007, Komunikasi bisnisedisi kedelapan, jilid I, Jakarta: Indeks
Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Djoko Purwanto, 2006, Komunikasi Bisnis, PT. Gelora Aksara Pratama, Jakarta: Erlangga
Devito, Joseph A.1997. Komunikasi Antarmanusia .Jakarta : Proffesionals Books.
Djamadin, Bahari. 2004. Komunikasi Interpersonal. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti
Gregory, Anne. 2004, Perencanaan Dan Manajemen Kampanye Public Relation, Jakarta: Erlangga
Kriyantono, Rachmat.2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Liliweri, Alo. 1997. Komunikasi Antarpribadi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.
Onong Uchjana Effendy, 2005, Ilmu komunikasi teori dan praktek, Bandung, Remaja rosdakarya
Ruslan, Rosely.2000, Kiat dan Kampanye Public relation. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Soemitro, Rochmad, 1994, Hukum Pajak dan Perpajakan, Eresco, Bandung.
Published
2022-03-31
Abstract viewed = 184 times
PDF downloaded = 110 times