PERANAN KOMUNIKASI MASSA DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PADA MASYARAKAT KAMPUNG ADOKI DISTRIK YENDIDORI KABUPATEN BIAK NUMFOR

  • IRWAN IRWAN
  • JELITA PURNAMASARI
Keywords: Peran, Komunikasi Massa, Penyampaian Informasi

Abstract

Media massa adalah media komunikasi yang melakukan penyebaran informasi secara masal dan dapat diaksesoleh masyarakat secara masal, bentuk media massa yang ada di Kampung Adoki ialah Radio Kampung yang berperan untuk menyampaiakn informasi kepada masyarakat, tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peranan komunikasi massa dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat Kampung Adoki di Distrik Yendidori, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisi deskriptif analitis, yaitu menganalisi peran media massa bagi masyarakat kampung Adoki dalam penyampaian Informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Komunikasi massa / media massa yang ada di kampung Adoki dapat mewakili kebutuhan masyarakat demi terciptanya system komunikasi, transformasi melalui layanan edukasi, informasi tentang komunikasi massa dan dapat memberikan informasi tentang pembangunan kampung yang sesuai denganfaktor-faktor Komunikasi di Kampung Adoki berdasarkan prinsip-prinsip komunikasi massa.

References

Andwar Syamsul, 2009, Pengantar Ilmu Komunikasi Percetakan Cv. Mitra Irzani Pekan Baru.
Ahmad, Busyairi. 2019. “Pemberdayaan Sosial Masyarakat (Studi Deskriptif Tentang Perubahan Perilaku Masyarakat Kelurahan Fandoi Dalam Pemberdayaan Tas Noken Sebagai Sumber Penghasilan).” Jurnal Gema Kampus 14:34–41
Bungin, Burham. 2006. Sosiologi Komunikasi Teori, Paragdima Dan Dikursus Teknologi Komunikasi Masyarakat. Jakarta ;Kencana Perenada Media Group.
Cangara, Hafied, 2010, Pengantar Ilmu Komunikasi, PT. Raja Grafindo Persada Jakarta
Effendy ,Onong Uchjana , 2007, Pengertian komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti
Effendy. Onong Hucana. 2007, Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek Bandung; PT. Remaja Rosda Karya.
Hafied Cangara. 2002, Pengantar Ilmu Komunikasi, JakartaPT. Raja Grafindo Persada
Hasan Shadily. 1993, Sosiologi Untuk Masyarakat Indonesia, Jakarta; PT. Rineka Cipta
Isti Nursih Wahyuni, 2014, Komunikasi Massa, Yogyakarta
Masduki.2001 Jurnalistik Radio, Menata Profesionalisme Dalam Komunikasi Antar Budaya.Yogyakarta; Elkis Yogyakarta.
Mulyana , Deddy, 2000, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, PT Remaja Rosda karya
Nurudin.2007 Pengantar Komunikasi Massa. Raja Grafindo Persada; Jakarta
Pitirim A. Sorokin Dalam Soekanto 2003. Sosiologi Suatu engantar. Jakarta; PT. Raja Grasindo Persada.
Rahmat.Jalaludin 1999, Psikologi Komunikasi, Bandung;Remaja Rosda Karya
Vivian Jhon. 2008, Teori Komunikasi Edisi 8 Jakarta; Prenada Group.
Published
2022-03-31
Abstract viewed = 330 times
PDF downloaded = 805 times