EVALUASI PROGRAM WAJIB BACA TULIS HITUNG KELAS AWAL (CALISTUNG) (Studi Kasus Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor Tahun 2017)

  • Ismar
Keywords: Evaluasi Program, Wajib belajar, Calistung

Abstract

CALISTUNG adalah  singkatan  dari  membaca,  menulis,  dan  berhitung. Calistung adalah  tahapan dasar orang bisa mengenal huruf dan angka. Banyak pakar menganggap penting calistung untuk mempermudah komunikasi dalam bentuk bahasa tulis dan angka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, sedangkan penelitian  dilakukan  di  dinas pendidikan  Kabupaten  Biak  Numfor.  Sementara Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisa penelitian ini yaitu mendeskripsikan program calistung menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, 1) Pada aspek konteks menunjukan  bahwa   pemerintah  harus serius untuk  melakukan pemantaun dan mengkaji ulang regulasi mengenai program yang dicanangkan sehingga masalah yang terjadi karena buta aksara tidak terjadi lagi. Sementara mengenai tujuan program calistung sudah tercapai tapi perlu dicanangkan secara permanen sehingga tidak ada lagi siswa yang tidak bisa membaca. Secara umum dampak program calistung yaitu mengurangi buta aksara di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Biak pada khususnya.2) Pada aspek input menunjukan bahwa, sarana pra sarana dan sumber dana sudah sesuai dengan ketentuan namun kedepannya perlu ditingkatkan lagi sehingga lebih baik.3) Pada aspek proses, menunjukan bahwa program Calistung sudah berjalan sesuai dengan target pemerintah dan belum ada hambatan karena ada kerja sama yang dilaukan oleh semua pihak baik sekolah,orang tua dan pemerintah. 4) Pada aspek produk Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan bahwa program Calistung sudah berjalan sesuai dengan target dari pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Biak

Published
2017-10-30
How to Cite
Ismar. (2017). EVALUASI PROGRAM WAJIB BACA TULIS HITUNG KELAS AWAL (CALISTUNG) (Studi Kasus Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor Tahun 2017). Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 12(2), 32-42. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v12i2.41
Abstract viewed = 342 times
PDF downloaded = 1661 times