Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Vale Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat

  • Musdalifah Djamaluddin Universitas Negeri Makassar
  • Andi Agustang Universitas Negeri Makassar
  • Andi Muhammad Idkhan Universitas Negeri Makassar
  • Rifdan Universitas Negeri Makassar
Keywords: Pengaruh, Implementasi, Corporate Social Responsibility.

Abstract

Implementasi adalah pelaksanaan serangkaian kegiatan dalam rangka untuk memberikan kebijakan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Vale Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier sederhana.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan CSR yang berkelanjutan diharapkan mampu memberikan keuntungan di masa yang akan datang. Selain itu, CSR juga memberikan keuntungan kepada masyarakat, terutama masyarakat lokal yang terdampak langsung oleh kegiatan bisnis perusahaan, keuntungan bagi masyarakat bisa berupa peningkatan taraf hidup yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

References

Dahlia, Lely dan Sylvia Veronice Siregar. 2008. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja pasar (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2005 dan 2006)”. Disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XI. Pontianak, 22-25 Juli 2008 .
Edyanto, Karsiman. 2018. “Leadership Bupati Dalam Pembangunan Di Kabupaten Tambrauw (Studi Kepemimpinan Bupati Tambrauw).” Sosio e-kons 10(2): 143.
Ghozali, Imam. 2012 “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS”, 20 Edisi Keenam, Semarang: Universitas Diponegoro. Ghozali Imam dan A. Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta. Erlangga. Mapisangka, A. 2009. “Implementasi CSR Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat”. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan. Vol 1. No 1.
Rachman, N.M., Efendi, A., Wicaksana., 2011. “Panduan Lengkap Perencanaan CSR”.. Depok. Penebar Swadaya Sugiyono. 2007 “Metode Penelitian Bisnis” Alfabeta.
Suwandi, Imam Mulyana Dwi, 2010. Citra Perusahaan. Seri Manajemen Pemasaran. www.eimam.uni.cc.
Ulum, Bahrul. Zainul Arifin. Dan Dahlan Fanani. 2014. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra (Survei pada Warga Sekitar PT. Sasa Inti GendingProbolinggo). Jurnal Administrasi Bisnis.Vol.8 No.1 Febuari 2014.
Wirawan, I.M.A. 2011. "Tri Hita Karana: Kajian Teologi, Sosiologi dan Ekologi Menurut Veda”. Denpasar. Paramita
Published
2021-11-22
How to Cite
Djamaluddin, M., Agustang, A., Andi Muhammad Idkhan, & Rifdan. (2021). Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Vale Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat. Journal Governance and Politics (JGP), 1(2), 25-36. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/200
Abstract viewed = 520 times
pdf downloaded = 1364 times