Pengaruh Penerapan Model Dicovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Inpres Tamalanrea V Kota Makassar
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa SD Inpres Tamalanrea V Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA siswa pada materi pokok ekosistem. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres Tamalanrea V Kota Makassar yang berjumlah 261 siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest dengan soal berbentuk pilihan ganda. Analisis data melalui tes hasil belajar ditemukan bahwa terjadi perbedaan rata-rata hasil belajar, yaitu sebesar 77,46 untuk kelas eksperimen dan 69,68 untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SD Inpres Tamalanrea V Kota Makassar.
References
Fitria, N. A., & Leonard. 2015. Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Haling, A. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Hidayat, Ara. 2012. Konsep Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Jurnal An Nur, 4 (2), 43.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Irwan. 2016. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: PPS UNM.
Iskandar, dadang, dkk. 2017. Revolusi dan Inovasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Masayu Diska, dkk. 2020. “Efektifitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil belajar IPA” Jurnal Pijar MIPA, Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Nazir, Mohammad. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Oemar Hamalik, Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: CV Mandar Maju.
Patta Bundu. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains-SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2013 Bandung: Nuansa Aulia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2005. Dokumen http://pelayanan. jakarta.go.id/download/regulasi/peraturan-pemerintah-nomor-19-tahun- 2005-tentang-standar-pendidikan-nasional.pdf: diakses 2 November 2020.
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks Permata Pri Media.
Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuli Rahmalia, 2014. “Efektivitas Model Discovery Learning untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Kompetensi Dasar Analisis Rangkaian Kemagnetan di SMK 1 Pundong”, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Zainuddin. 2017. Pengaruh Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Zulastri. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat Bangun Datar Siswa Kelas III MI Nurul Islam Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi
Copyright (c) 2021 Arpin, Andi Agustang, Andi Muhammad Idkhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.