Penerapan Pelayanan Prima di Rumah Sakit Paru BBPM Makassar

  • Aswan Usman Universitas Negeri Makassar
  • Andi Agustang Universitas Negeri Makassar
  • Andi Muhammad Idkhan Universitas Negeri Makassar
Keywords: Pelayanan Prima, Rumah Sakit Kesehatan Paru

Abstract

Pelayanan prima merupakan upaya yang membuat pelanggan merasa penting. Pelayan prima adalah melayani masyarakat maupun pelanggan dengan cepat, tepat, ramah yang menghasilkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library search), yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data Pustaka. Studi pustaka digunakan dengan mengumpulkan data-data yang ada kemudian memahami dari setiap kesimpulan dan mengambil sumber-sumber data tersebut untuk dijadikan literatur dan referensi dalam memahami dan menganalisa penelitian. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa  pelayanan prima (service excellence) terdiri dari 4 unsur pokok, antara lain: kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. 

References

DAFTAR PUSTAKA
Elvina, R., & Rahmah, E. (2013). Strategi Pelayanan Prima di Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Kabupaten Pesisir Selatan. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(September), 607–614. download.portalgaruda.org/article.php?article=101448&val=1516
Hadjam, M. N. R. (2001). Efektivitas Pelayanan Prima Di Rumah Sakit. Jurnal Psikologi, 1(2), 105–115. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7684/5953
Lestari, H. (2021). Pelayanan Prima Pada Rumah Sakit Umum Milik Pemerintah di Jawa. Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 55–72.
Listiyono, R. A. (2015). Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 2–7.
Payung, E. A., & Idayani, S. (2019). Gambaran Kecepatan Pelayanan Resep Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Media Farmasi, 15(1), 18. https://doi.org/10.32382/mf.v15i1.798.
Rinaldi, R. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Publik. Administrasi Publik, 1(1), 32.
Suasnawa, I. G., & Gorda, A. A. N. E. S. (2017). Pengaruh Pelayanan Prima dan Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pasien yang dimediasi oleh Kepuasan dan Kepercayaan. Manajemen Dan Bisnis, ISSN: 1829-8486, 14(1), 56–74.
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.
Zakaria, F. M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sasaran Keselamatan Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Prima Husada Malang. JIMMU (Jurnal Ilmu Manajemen), 2(2), 98–107. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/994
Published
2021-11-24
How to Cite
Usman, A., Agustang, A., & Andi Muhammad Idkhan. (2021). Penerapan Pelayanan Prima di Rumah Sakit Paru BBPM Makassar. Journal Governance and Politics (JGP), 1(2), 111-117. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/206
Abstract viewed = 2656 times
pdf downloaded = 5845 times