Pelayanan Prima Pada Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Sorong

  • Isgar Muhammad Ricky Tumoka Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sattu Universitas Muhammadiyah Sorong
Keywords: Penerapan, Pelayanan Prima, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui penerapan prima pada kantor kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Sorong. Pelayanan prima merupakan pelayanan yang sangat baik atau pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku yang dimiliki oleh instansi yang memberikan pelayanan, pelayanan prima berpengaruh positif terhadap kepuasan dan kepercayaan masyarakat yang merupakan pengguna layanan terhadap pelayanan publik. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan penerapan pelayanan prima di kantor kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Sorong. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi pustaka. Adapun informan penelitian adalah masyarakat pengguna layanan dan pegawai di kantor kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Sorong, teknik pemilihan informan dilakukan melalui purposive sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan pihak kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Sorong sudah berusaha optimal dalam menerapkan pelayanan prima.

References

Ahmad, J. (2012). Perjalanan Old Public Administration (OPA) New Public Management (NPM), New Public Service (NPS) Menuju Manajemen Publik Kelas Dunia. Praja, 1(1), 1–25.
Ayatullah Khumaini. (2013). Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Pada Kantor Lurah Bantuas Kecamatan Palaran, Kota Samarinda Ayatullah Khumaini. Jurnal Paradigma, 2(1), 26–35.
Baharuddin. (2015). Akuntabilitas Pelayanan Publik: Studi Kasus Pelayanan Perizinan Mendirikan Bangunan di Kota Makassar. Mimbar, 31(2), 263–270.
Bayuputra, T. B. (2015). Tinjauan Yuridis Mengenai Peran Syahbandar Dalam Kegiatan Pelayaran Angkutan Laut Di Indonesia. Lex Et Societatis, 3(3), 25–36. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexetsocietatis/article/view/7905
Cahyawati, L. R. (2017). Implementasi Pelayanan Prima di Sekolah Menengah Kejuruan. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 67–74.
Elvina, R., & Rahmah, E. (2013). Strategi Pelayanan Prima di Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Kabupaten Pesisir Selatan. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(September), 607–614. download.portalgaruda.org/article.php?article=101448&val=1516
Frimayasa. (2017a). Konsep Dasar Dan Strategi Pelayanan Prima (Service Excellent) Pada Perusahaan Telekomunikasi Indosat Ooredo. Cakrawala, 12(1), 65–71.
Frimayasa, A. (2017b). Penerapan Pelayanan Prima Untuk Memenuhi Harapan Masyarakat. XVII(2), 179–188.
Gusti Adelia Puji, & As’ari, H. (2023). Pelayanan Publik Dalam Perspektif New Public Service Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Journal of Research and Development on Public Policy (Jarvic), 2(1), 100–106.
Hadjam, M. N. R. (2001). Efektivitas Pelayanan Prima Di Rumah Sakit. Jurnal Psikologi, 1(2), 105–115. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7684/5953
Irawan, B. (2015). E-Government Sebagai Bentuk Baru Dalam Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Teoritik. Jurnal Paradigma, 4(3), 200–209. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/article/download/419/379
Iriawan, H., & Edyanto. (2023). Strategy for Empowering Indigenous Papuan Fishermen in the Implementation of Papua’s Special Autonomy Law. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 6(2), 227. https://doi.org/10.24198/jmpp.v6i2.45852
Jasruddin., Putra, Z., & Butuni, S. (2020). Analisis Tanggung Jawab Syahbandar Dalam Pelayaran Pada Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan. Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 410–415.
Kurdi, M. (2020). Menggagas Pelayanan Prima di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 7(04), 4–9. https://docplayer.info/198685155-Menggagas-pelayanan-prima-di-masa-pandemic-covid-19.html
Lestari, H. (2021). Pelayanan Prima Pada Rumah Sakit Umum Milik Pemerintah di Jawa. Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 55–72.
Listiyono, R. A. (2015). Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 2–7.
Payung, E. A., & Idayani, S. (2019). Gambaran Kecepatan Pelayanan Resep Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Media Farmasi, 15(1), 18. https://doi.org/10.32382/mf.v15i1.798
Poetri, R. I., Mantikei, B., & Kristiana, T. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor BPPRD Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 1(3), 179–186.
Puryatama, A. F., & Haryani, T. N. (2020). Pelayanan Prima Melalui Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Indonesia. Kybernan: Jurnal Stdui Kepemerintahan, 3(1), 40–54.
Rinaldi, R. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Publik. Administrasi Publik, 1(1), 32.
Rusfiana, Y., & Supriatna, C. (2021). Memahami Birokrasi Pemerintahan dan Perkembangan (1st ed.). CV. Alfabeta.
Suasnawa, I. G., & Gorda, A. A. N. E. S. (2017). Pengaruh Pelayanan Prima dan Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pasien yang dimediasi oleh Kepuasan dan Kepercayaan. Manajemen Dan Bisnis, ISSN: 1829-8486, 14(1), 56–74.
Suryanegara, A. H. (2019). Reformasi Birokrasi dan Pemenuhan Hak Warga dalam Mengakses Pelayanan Publik melalui Mal Pelayanan Publik. Volksgeist: Jurnal Ilmu Hukum Dan Konstitusi, 2(2), 189–205. https://doi.org/10.24090/volksgeist.v2i2.2870
Triyanto, D. (2017). Analisis Kinerja Organisasi Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat. MIMBAR : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 6(4), 6. https://doi.org/10.32663/jpsp.v6i4.236
Zakaria, F. M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sasaran Keselamatan Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Prima Husada Malang. JIMMU (Jurnal Ilmu Manajemen), 2(2), 98–107. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/994
Published
2023-09-30
How to Cite
Isgar Muhammad Ricky Tumoka, & Sattu. (2023). Pelayanan Prima Pada Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Sorong. Journal Governance and Politics (JGP), 3(2), 9-19. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/336
Abstract viewed = 58 times
pdf downloaded = 76 times