PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI UPT SPF SDN BAWAKARAENG II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; 1) pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V di UPT SPF SDN Bawakaraeng II. 2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V di UPT SPF SDN Bawakaraeng II. 3) pengaruh kemampuan komunikasi guru dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V di UPT SPF SDN Bawakaraeng II. Jenis Penelitian menggunakan penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di UPT SPF SDN Bawakaraeng II sebanyak 41 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel acak atau Probability Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V yang berada di UPT SPF SDN Bawakaraeng II sebanyak 41 siswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh kemampuan Komunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V di UPT SPF SDN Bawakaraeng II diperoleh nilai p (Sig.) sebesar 0,001. 2) Terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V di UPT SPF SDN Bawakaraeng II diperoleh nilai p (Sig.) sebesar 0,003. 3) Terdapat pengaruh kemampuan komunikasi guru dan keaktifan siswa secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V di UPT SPF SDN Bawakaraeng II diperoleh nilai p (Sig.) sebesar 0,002.
References
Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan pembelajaran modern: konsep dasar, inovasi dan teori pembelajaran. Garudhawaca.
Firdawati, I., & Hidayat, W. (2018). Hubungan antara keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMK. Visipena, 9(1), 151–158.
Firmansyah, H., & Putri, A. E. (2021). Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar dan Teori). Penerbit Lakeisha.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program SPSS 19. Edisi Kelima Semarang : Bandan Penerbitan Universitas Diponegoro.
Kusumawati, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 104–113.
LAMANDAY, L. (2016). Efektivitas Kombinasi Pendekatan Open-ended dan Pendekatan Saintifik Model Koperatif dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas VII SMPN di Kota Tual. Pascasarjana.
Lumban Siantar, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Komunikasi Guru Terhadap Keaktifan Siswa dalam Proses Belajar di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Universitas Jambi.
Napitupulu, J. M. (2020). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di Sma Negeri 12 Kota Jambi. UNIVERSITAS JAMBI.
No, U.-U. (20 C.E.). Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Samsudin, M. D. I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Model Observasi Lapangan (OUTDOOR STUDY) dan Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa IPS SMA Negeri 3 Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(2), 261–276.
Saputra, H. (2013). Studi Tentang Kemampuan Berkomunikasi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kegiatan Belajar Mengajar di SDN 017 Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1).
Sari, S., & Hendro, O. (2017). Pengaruh Kreativitas, Komunikasi, dan Kepemimpinan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada SMP Negeri di Kecamatan Ilir Timur II Palembang. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 74–87.
Serviana, Y., & Yahya, M. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Dan Keaktifan Siswa Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK Muhammadiyah 01 Sambi Kabupaten Boyolali Tahun 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif.
Copyright (c) 2023 Ati Rahmah, Muh. Yahya, Elpisah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.