PENERAPAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN POLA INTERAKSI SISWA PADA UPT SPF SD INPRES KAMPUS IKIP KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR
Abstract
Rendahnya hasil belajar dan pola interaksi siswa dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran think pair share dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan pola interaksi siswa Kelas V di UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebanyak 30 orang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dan tes yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Teknik analisis data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dari observasi dianalisis secara kualitatif, sedangkan data mengenai hasil belajar dan pola interaksi siswa dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif, teknik analisis secara kuantitatif digunakan teknik kategorisasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan skor rata-rata hasil belajar IPS dan pola interaksi siswa pada kelas V pada UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP pada tiap siklus dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80%. Adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran IPS adalah 70. Apabila banyaknya siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 telah mencapai 80% maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar IPS dan pola interaksi siswa di kelas tersebut tuntas secara klasikal.
References
Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ips. Satya Widya, 35(2), 126–139.
Andriani, E., & Harijanto, A. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Disertai Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 3(4).
Arriany, I., Ibrahim, N., & Sukardjo, M. (2020). Pengembangan modul online untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 52–66.
Dewi, C., & Rohmanurmeta, F. M. (2019). Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar. Unipma Press.
Hermanto, H., Japar, M., & Utomo, E. (2019). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1–6.
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28.
Indonesia, U.-U. R. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Irwansyah, M., Mahardika, I. K., & Supriadi, B. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) disertai metode praktikum untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 MAN 1 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 371–376.
KARMILA, K. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika kontekstual saintifik yang mengakomodasi multiple intelegensi siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Takalar Kab. Takalar. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
LAMANDAY, L. (2016). Efektivitas Kombinasi Pendekatan Open-ended dan Pendekatan Saintifik Model Koperatif dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas VII SMPN di Kota Tual. Pascasarjana.
Meiharty, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Memperbaiki Proses Pembelajaran dan Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 21 Balai Makam Kecamatan Mandau. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 312–320.
Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218–226.
Nafi’ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nasional, D. P. (2019). Kamus besar bahasa Indonesia.
Nugraha, Y. A., & Manggalastawa, M. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 31–37.
Nugroho, A. F., & Wardani, K. W. (2019). Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan think pair share ditinjau dari hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 487–496.
Permana, E. P. (2016). Penerapan Metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2).
Rachmawati, A., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637–7643.
Rahmah, R., & Hamid, S. (2020). Pola Asuh Orangtua Terhadap Dorongan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Maros. Bosowa Journal of Education, 1(1), 1–4.
Rianingsih, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas 3. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 339–346.
Sariayu, M. R., & Miaz, Y. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 295–305.
Simbolon, U. (2017). Penerapan metode think pair share dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa indonesia kelas VI SD 166492 Tebing Tinggi. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(3), 430–439.
Supardan, D. (2022). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Bumi Aksara.
Tembang, Y., Sulton, S., & Suharjo, S. (2017). Peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui model pembelajaran think pair share berbantuan media gambar di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 812–817.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91–100.
Copyright (c) 2023 Ramliah, Ilyas Thamrin, Andi Annisa Sulolipu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.