PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI (SELF CONCEPT ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU NURUL ASAFA TAKALAR

  • Nurul Fajriah Yahya Universitas Patompo Makassar
  • Elpisah Universitas Patompo Makassar
  • Rahmawati Universitas Patompo Makassar
Keywords: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri, Berpikir Kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: 1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar. 2) pengaruh konsep diri (Self Concept) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar. 3) pengaruh kecerdasan emosional dan konsep diri (Self Concept) secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar sebanyak 84 siswa. Teknik pengambilan Sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh, Jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar sebanyak 84 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar diperoleh nilai p (Sig.) = 0,000. 2) Terdapat pengaruh konsep diri (Self Concept) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar diperoleh nilai p (Sig.) = 0,020. 3) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan konsep diri (Self Concept) secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul Asafa Takalar diperoleh nilai p (Sig.) = 0,001.

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(1), 1–17.
Besari, A. (2021). Perkembangan Sikap dan Nilai Moral Peserta didik Usia Remaja. Jurnal Paradigma, 11(1), 25–43.
Bulgurcuoglu, A. N. (2016). Relationship between critical thinking levels and attitudes towards reading habits among pre-service physical education teachers. Educational Research and Reviews, 11(8), 708–712.
da Costa, M. G., Pinto, L. H., Martins, H., & Vieira, D. A. (2021). Developing psychological capital and emotional intelligence in higher education: A field experiment with economics and management students. The International Journal of Management Education, 19(3), 100516.
Fajri, H. N., Purwanto, A., & Utomo, E. (2020). Penerapan Problem based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Siswa. PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi barisan dan deret berdasarkan gaya berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program SPSS 19. Edisi Kelima Semarang : Bandan Penerbitan Universitas Diponegoro.
Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence (EQ). Journal of K, 6, 71–77.
Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan motivasi belajar dengan konsep diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah Sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial, 280–286.
Hatmiah, H., Elpisah, E., & Tahir, M. I. T. (2022). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4499–4505.
Hidayati, K. B., & Farid, M. (2016). Konsep diri, adversity quotient dan penyesuaian diri pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02).
Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.
Kuswijayanti, D., Tagela, U., & Setyorini, S. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Konformitas Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kandangan, Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019. PSIKOLOGI KONSELING, 14(1).
Manik, R., Radjah, C. L., & Triyono, T. (2017). Rendahnya Konsep Diri Akademik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(4), 494–502.
Muhamad, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Ketelitian Mahasiswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(2), 153–163
Published
2023-11-08
How to Cite
Nurul Fajriah Yahya, Elpisah, & Rahmawati. (2023). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI (SELF CONCEPT ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU NURUL ASAFA TAKALAR. Journal Governance and Politics (JGP), 3(2), 52-70. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/341
Abstract viewed = 66 times
pdf downloaded = 35 times