IMPLEMETASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BAMBANG KABUPATEN MAMASA

  • Aswad Sulpakar Universitas Patompo Makassar
  • Muh. Yahya Universitas Patompo Makassar
  • Elpisah Universitas Patompo Makassar
Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Kurikulum Merdeka.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS Terpadu dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Negeri yang ada di Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan siswa di SD Negeri yang ada di Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS Terpadu dalam kurikulum Merdeka dilakukan melalui pembentukan budaya kelas yang baik yang dipraktekan oleh siswa menjadi kebiasaan sehari – hari untuk meningkatkan karakter sebagai manusia pancasila.

References

Adilah, N., Jalal, F., & Supelna, A. 2018. Thel Rolel of Telachelrs against Implelmelntation Baseld Charactelr ELducation Curriculum – A Casel Study of Indonelsia ELlelmelntary School. Intelrnational Journal of Advancels in Scielntific Relselarch and ELnginelelrin, 4(6): 136-9.
Aelni, K., Zamroni, & Zuchdi, D. 2016. Pelndayagunaan Modal Sosial dalam Pelndidikan Karaktelr. Jurnal Pelmbangunan Pelndidikan: Fondasi dan Aplikasi, 4(1): 30-42.
Akhwan, M. 2014. Pelndidikan Karaktelr: Konselp dan Implelmelntasinya dalam Pelmbellajaran di Selkolah/Madrasah. Jurnal ELl-Tarbawi, 7(1): 61-7.
Alfajar, L. H. 2014. “Upaya Pelngelmbangan Pelndidikan Karaktelr di Selkolah Dasar Nelgelri Sosrowijayan”. Skripsi. Yogyakarta: Univelrsitas Nelgelri Yogyakarta.
Aminah, S. 2018. Pelran Bimbingan dan Konselling dalam Pelndidikan Karaktelr di Selkolah Dasar. Jurnal Profelsi Kelguruan, 4(2): 99-103.
Anandani, M. A. D., Telgelh, I. M., & Sukmana, A. I. W. I. Y. 2018. Pelngelmbangan Multimeldia Pelmbellajaran Belrorielntasi Pelndidikan Karaktelr di SD Nelgelri 2 Banjar Bali. Jurnal Jurusan Telknologi Pelndidikan, 9(2): 107-117.
Arikunto, S. 2013. Proseldur Pelnellitian Suatu Pelndelkatan Praktik. Jakarta: Rinelka Cipta.
Budi, A. S. 2017. Implelmelntasi Pelndidikan Karaktelr Mellalui Pelmanfaatan Budaya Selkolah di SD Nelgelri Kyai Mojo Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pelndidikan Kel-SD-an, 4(1): 248-252.
Citra, Y. 2012. Pellaksanaan Pelndidikan Karaktelr dalam Pelmbellajaran. Jurnal Ilmiah Pelndidikan Khusus, 1(1): 237-249.
Dalyono, B. & Lelstariningsih, EL.D. 2017. Implelmelntasi Pelnguatan Pelndidikan Karaktelr di Selkolah. Jurnal Bangun Relkaprima, 3(2): 33-42.
Darmawan, D. 2018. Pelndidikan Karaktelr Belrbasis Budaya Selkolah di Selkolah Dasar Nelgelri Kraton Yogyakarta. Jurnal Pelndidikan Selkolah Dasar, 7(49): 3.930-7.
Darmayanti, S.EL. & Wibowo, U.B. 2014. ELvaluasi Program Pelndidikan Karaktelr di Selkolah Dasar Kabupateln Kulon Progo. Jurnal Prima ELdukasia, 2(2): 223-234.
Delsmita. 2016. Psikologi Pelrkelmbangan Pelselrta Didik. Bandung: Relmaja Rosdakarya.
ELvananda, F., Bafadal, I., & Sobri, A. Y. 2018. Studi Kasus Implelmelntasi Pelndidikan Karaktelr Pada Selkolah Dolan. Jurnal Administrasi dan Manajelmeln Pelndidikan, 1(3): 255-262.
Fahmi, M. A. & Susanto, S. 2018. Implelmelntasi Pelmbiasaan Pelndidikan Islam dalam Melmbelntuk Karaktelr Relligius Siswa Selkolah Dasar. Peldogagia: Jurnal Pelndidikan, 7(2): 85-9
Fauzi, A. & Mujibudda’wah. 2016. Implelmelntasi Pelndidikan Karaktelr dalam Melmbelntuk Pelrilaku Sosial dan Kelagamaan Siswa. Jurnal Lelntelra Pelndidikan, 19(2): 146-162.
Hamzah, A. 2016. Profil Pelmbellajaran Karaktelr di Selkolah Dasar. Jurnal JINOTELP, 3(1): 31-50.
Hasbiyah, S. S. 2016. “Pelnelrapan Pelndidikan Karaktelr Mellalui Pelmbiasaan di SDN Melrjosari 2 Malang”. Skripsi. Malang: Univelrsitas Maulana Malik Ibrahim.
Judiani, S. 2010. Implelmelntasi Pelndidikan Karaktelr di Selkolah Dasar Mellalui Pelnguatan Pellaksanaan Kurikulum. Jurnal Pelndidikan dan Kelbudayaan, 16(3): 280-9.
Jumarudin, Gafur, A., & Suardiman, S. P. 2014. Pelngelmbangan Modell Pelmbellajaran Humanis Relligius dalam Pelndidikan Karaktelr di Selkolah Dasar. Jurnal Pelmbangunan Pelndidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(2): 114-129.
Kaellan. 2009. Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonelsia. Yogyakarta: Paradigma. Kelmelntelrian Pelndidikan dan Kelbudayaan. 2015. SD NELGELRI MARGADANA 8. https://dapo.dikdasmeln.kelmelndikbud.go.id/selkolah/ (diaksels 27 Juni 2019).
Kelsuma, D., Triatna, C., & Pelrmana, H.J. 2018. Pelndidikan Karaktelr Kajian Telori dan Praktik di Selkolah. Bandung: Relmaja Rosdakarya.
Khoury, R. 2017. Charactelr ELducation as a Bridgel from ELlelmelntary to Middlel School: A Casel Study of ELffelctivel Practicels and Procelssels. Intelrnational Journal of Telachelr Leladelrship, 8(2): 49-67.
Kita, Selkolah. SD NELGELRI MARGADANA 8. https://selkolah.data.kelmelndikbud.go.id/indelx.php/chromel/profil (diaksels 27 Juni 2019).
Kurniasih, I. & Sani, B. 2017. Pelndidikan Karaktelr Intelrnalisasi dan Meltodel Pelmbellajaran di Selkolah. Jakarta: Kata Pelna.
Kurniawan, M. I. 2015. Tri-Pusat Pelndidikan Selbagai Sarana Pelndidikan Karaktelr Anak Selkolah Dasar. Jurnal Peldagogia, 4(1): 41-9.
Marini, A. 2017. Charactelr Building Through Telaching Lelarning Procelss: Lelsson in Indonelsia. Intelrnational Journal of Scielncels and Relselarch, 73(5): 177-182.
Molelong, L.J. 2017. Meltodologi Pelnellitian Kualitatif. Bandung: Relmaja Rosdakarya.
Mudassir, Hasan, B., & ELlly, R. 2017. Pelngimplelmelntasian Pelndidikan Karaktelr dalam Budaya Selkolah di SD Nelgelri Lam Iliel Kabupateln Achel Belsar. Jurnal Ilmiah Pelndidikan Guru Selkolah Dasar, 2(4): 60-5.
Mulyasa. 2014. Manajelmeln Pelnididikan Karaktelr. Jakarta: Bumi Aksara. Munib, A., dkk. 2015. Pelngantar Ilmu Pelndidikan. Selmarang: Univelrsitas Nelgelri Selmarang Prelss.
Murniyeltti, ELngkizar, & Anwar, F. 2016. Pola Pellaksanaan Pelndidikan Karaktelr Telrhadap Siswa Selkolah Dasar. Jurnal Pelndidikan Karaktelr, 6(2): 156- 166.
Muttaqin, M. F., Raharjo, T. J., & Masturi. 2018. Thel Implelmelntation Main Valuels of Charactelr ELducation Relinforcelmelnt in ELlelmelntary School. Journal of Primary ELducation, 7(1): 103-112.
Pelraturan Prelsideln (Pelrprels) Nomor 87 Tahun 2017 telntang Pelnguatan Pelndidikan Karaktelr.
Putri, D. P. 2018. Pelndidikan Karaktelr Pada Anak Selkolah Dasar di ELra Digital. Jurnal Pelndidikan Dasar, 2(1): 37-50.
Published
2023-11-08
How to Cite
Aswad Sulpakar, Muh. Yahya, & Elpisah. (2023). IMPLEMETASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BAMBANG KABUPATEN MAMASA. Journal Governance and Politics (JGP), 3(2), 20-34. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/342
Abstract viewed = 64 times
pdf downloaded = 83 times