UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN LITERASI AL-QUR’AN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Kemampuan untuk membaca dan menulis Al-Qur’an bagi siswa di sekolah merupakan tanggung jawab bersama guru-guru yang beragama islam, akan tetapi guru agama islam memiliki peranan yang sangat besar karena mereka dianggap sudah dibekali dari bangku perkuliahan kemampuan membaca, menulis, dan memahami Al-Qur’an dengan baik. Selain itu ada beberapa materi pembelajaran yang menuntut siswa untuk mampu mengenal huruf hijaiyah, menulis huruf hijaiyah, menyambung huruf hijaiyah, dan mampu untuk membaca Al-Qur’an. Pembelajaran literasi Al-Qur’an di sekolah memang terbatas, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh guru PAI untuk meningkatkan literasi Al-Qur’an Siswa Kelas I dan II SD Negeri 82 Kota Parepare. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan, dimana data penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara bersama dengan guru agama islam dan Kepala Sekolah. Pengumpulan data juga dilakukan melalui teknik observasi kegiatan pembelajaran literasi Al-Qur’an yang berlangsung di sekolah dan mengidentifikasi RPP dan media yang digunakan dalam literasi Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru agama islam dalam meningkatkan kemampuan literasi Al-Qur’an siswa kelas I dan II adalah kegiatan apersepsi dimanfaatkan maksimal 10 menit, setiap hari jum’at selama 1 jam pelajaran, kegiatan pesantren kilat pada bulan Ramadhan selama 1 minggu, dan pengenalan huruf-huruf hijaiyah serta cara membacanya melalui madding sekolah setiap pekannya.
References
Assingkily, M. S. (2019). Peran Program Tahfiz dan Tahsin Al-Qur’an dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 186–225.
Azmi, I. R. (2019). Optimalisasi Metode Muroja’ah Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Di SMAN 9 Rejanglebong. Al-Bahtsu, 4(1), 85–95. https://journal.iainbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/1993
Baharsyah, U. B., & Said, A. (2023). PENERAPAN METODE BILQOLAM UNTUK PENINGKATAN BACAAN AL-QUR’AN SISWA-SISWI SD ISLAM TERPADU IQRO KARANGPLOSO-MALANG. Journal Islamic Studies, 3(1), 19–27.
Christoper, G. (2018). PERANAN PSIKOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI SEKOLAH. Jurnal Warta, 58.
Creswell, J. W. (2002). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: KIK, 121–180.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177–11182.
Hasan, S., & Wahyuni, T. (2018). Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Secara Tartil. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 45–54.
Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, observasi, dan focus groups: Sebagai instrumen penggalian data kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181.
Iriani, F. (2019). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi PAI di Sekolah Dasar. Journal of Islamic Education, 2(2), 168–181.
Ismail, D. (2018). Aplikasi “Konsep 4C” Pembelajaran Abad 21 dalam Kalangan Guru Pelatih Pengajian Agama Institut Pendidikan Guru Kampus Dato’ Razali Ismail. Asian Peopel Jornal (APJ), 1(I), 45–65.
Nikmah, S. (2022). Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Literasi Al-Qur’an Di SD NU Kecamatan Pagu Kediri. IAIN Kediri.
Nursaadah, N. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 397–410.
Ramli, N., & Mustam, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Mindjet Mindmanager dalam Meningkatkan Literasi Materi Pembelajaran IPS. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2), 257–267.
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364.
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507
Siregar, A., Chairunnisa, A. M., Syaifullah, M., Sitepu, N. P. S. B., & Herman, N. A. S. (2022). Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 526–535.
Sopian, S. (2020). Konsep Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an pada Pendidikan Dasar. MUBTADA, 3(1).
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2), 88–100.
Surawan, S., & Fatimah, C. (2021). Peran Guru Pai Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Literasi Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 106–115.
Umami, A. R., Romdanih, R., & Wulan, S. (2020). Penerapan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 468–474.
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2011). Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright (c) 2023 Sudirman, Nurleli Ramli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.