PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN KUMALA

  • Mardiana Universitas Patompo Makassar
  • Muh.Yunus Universitas Patompo Makassar
  • Rahmawati Universitas Patompo Makassar
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berfikir Kritis, Mata Pelajaran IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS di Kelas V SDN Kumala. 2) penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan penguasaan konsep pada mata pelajaran IPS di Kelas V SDN Kumala. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Reserach) yang disingkat menjadi PTK. Karakteristik yang khas dari PTK adalah adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar dikelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas Va SDN Kumala yang berjumlah 25 Siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dan tes yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif untuk menghitung rata-rata nilai, keterlaksanaan Model Problem Based Learning (PBL), dan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep peserta didik pada setiap siklus. Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu apabila 80% jumlah peserta didik dikelas telah memperoleh nilai 70 maka penelitian ini dikatakan berhasil, sebaliknya jika peserta didik dikelas memperoleh ≤ 70 maka penelitian ini belum berhasil atau bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya sampai indikator keberhasilan tercapai yakni 80%. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Kumala mengalami peningkatan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa dari 73,00 pada siklus I menjadi 83,84 pada siklus II dan peningkatan ketuntasan keterampilan berpikir kritis siswa dari 76,00% pada siklus I menjadi 88,00% pada siklus II. 2) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan penguasaan konsep pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Kumala mengalami peningkatan nilai rata-rata penguasaan konsep siswa dari 48,00% pada siklus I menjadi 90,67% pada siklus II.

References

A’yuni, A. Q., & Sutrisno, B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ilmu Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS 1 MAN 1 Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ayuningsih, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2).
Helmon, A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadapkemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 2(1), 38–52.
Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh problem-based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46.
LAMANDAY, L. (2016). Efektivitas Kombinasi Pendekatan Open-ended dan Pendekatan Saintifik Model Koperatif dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas VII SMPN di Kota Tual. Pascasarjana.
Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65.
Ngalimun, F. L. (2013). Aswan, strategi dan model pembelajaran berbasis paikem. Banjarmasin: Pustaka Banua.
Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas III. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1587–1593.
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158.
Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 8(1), 35–42.
Rivai, I. N. A., & Wulandari, T. (2018). Perbedaan metode debat dan ceramah terhadap penguasaan konsep IPS ditinjau dari berpikir kritis siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 1–11.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, cet. VII, Jakarta: Prenada Media Group.
Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1).
Waseso, H. P. (2017). Studi Kritis Terhadap Kurikulum MI/SD 2013. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 175–192.
Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir kritis dalam konteks pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.
Published
2023-11-18
How to Cite
Mardiana, Muh.Yunus, & Rahmawati. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN KUMALA. Journal Governance and Politics (JGP), 3(2), 97-107. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/344
Abstract viewed = 59 times
pdf downloaded = 34 times