PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESI GURU TERHADAP PELAKSANAAN K13 PADA UPT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PASIMASUNGGU TIMUR

  • Irna Satrianti Universitas Patompo Makassar
  • Husain A.S Universitas Patompo Makassar
  • Rahmawati Universitas Patompo Makassar
Keywords: Manajemen, Kompetensi, Pelaksanaan K13.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: 1) pengaruh manajemen kepala sekolah terhadap pelaksanaan K13 pada UPT sekolah dasar di kecamatan Pasimasunggu Timur Kabupaten kepulauan Selayar. 2) pengaruh kompetensi profesi guru terhadap pelaksanaan K13 pada UPT sekolah dasar di kecamatan Pasimasunggu Timur Kabupaten kepulauan Selayar. 3) pengaruh manajemen kepala sekolah dan kompetensi profesi guru secara simultan terhadap pelaksanaan K13 pada UPT sekolah dasar di kecamatan Pasimasunggu Timur. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik di 5 UTP Sekolah Dasar di Kecamatan Pasimasunggu Timur sebanyak 50 orang tenaga pendidik. Teknik pengambilan Sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh, Jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruh tenaga pendidik di 5 UTP Sekolah Dasar di Kecamatan Pasimasunggu Timur sebanyak 50 orang tenaga pendidik sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh manajemen kepala sekolah terhadap pelaksanaan K13 pada UPT sekolah dasar di kecamatan Pasimasunggu Timur Kabupaten kepulauan Selayar. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi positif dan nilai p kurang dari 0,05. 2) Terdapat pengaruh kompetensi profesi guru terhadap pelaksanaan K13 pada UPT sekolah dasar di kecamatan Pasimasunggu Timur Kabupaten kepulauan Selayar. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi positif dan nilai p kurang dari 0,05. 3) Terdapat pengaruh manajemen kepala sekolah dan kompetensi profesi guru secara simultan terhadap pelaksanaan K13 pada UPT sekolah dasar di kecamatan Pasimasunggu Timur. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi positif dan nilai p kurang dari 0,05 dengan besar pengaruh sebesar 78,0%.

References

A. Mulyasa, 2002, Manajemen berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Arikunto,S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bafadal, Ibrahim 2003, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Dari Sentralisasi menuju Desentralisasi, Jakarta: Bumi Aksara
Deni, Koswara dan Cepi Triatna. 2010. Management Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Gujarati, Damodar N dan Dawn C. Porter. 2012. Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.
Irawati, Retno Purnama dan Zaim Elmubarok. 2014. “Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Tematik berkarakter bagi Siswa SD Melalui Sastra Anak”. Jurnal Pendidikan Karakter. Indonesia. Nomor 2.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.64 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Machali, I. 2014. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71-94.
Minarti, Sri. 2011. Manajemen Sekolah mengelola lembaga pendidikan secara mandiri. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media
Mulyasa, E. 2014 Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. 15th edn. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nawawi, Hadari, M. Martini Hadari dan Ningrum. 2015. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Oemar Hamalik 2007 Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara
Pratiwi, T.R. & Muslim. 2015. Pembelajaran Terpadu Tipe Integrated Konsep Perubahan untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Prodising Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015. Badung: ITB
Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Rufiana, I. S. 2015. Level Kognitif Soal Pada Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Untuk Pendidikan Menengah. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3):13-22.
Satori, Djam’an, et all. 2003. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Jawa Barat. Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Singarimbun dan Efendi, 2016, Metode Penelitian Survei, Pustaka, LP3ES Indonesia. Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Peelitian Kuantitatif (Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutrisno Hadi, 2004. Metodologi Research 2, Andi Offset, Yogyakarta
Udin Syaefudin Sa’ud 2009 Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Alfabeta
UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Online:
https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/52494
https://www.researchgate.net/publication/360018631_Lingkungan_Keluarga_Mempengaruhi_Hasil_Belajar
https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3264#:~:text=Penelitian%20ini%20bertujuan%20untuk%20mengetahui%20pengaruh%20minat%20belajar,Administrasi%20Perkantoran%20Sekolah%20Menengah%20Kejuruan%20%28SMK%29%20di%20Bandung.
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/annizom/article/viewFile/4986/3473
Published
2023-12-07
How to Cite
Irna Satrianti, Husain A.S, & Rahmawati. (2023). PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESI GURU TERHADAP PELAKSANAAN K13 PADA UPT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PASIMASUNGGU TIMUR. Journal Governance and Politics (JGP), 3(2), 108-122. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/347
Abstract viewed = 43 times
pdf downloaded = 7 times