Upaya Peningkatan Pengawasan Pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Sorong

  • Isgar Muhammad Ricky Tumoka Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sattu Universitas Muhammadiyah Sorong
Keywords: Kualitas, Pelayanan Publik, Otoritas Pelabuhan

Abstract

Pengawasan sangat penting dalam pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya peningkatan pengawasan pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Sorong. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Sorong. Untuk menganalisis data dalam masalah dalam penelitian ini penulis menggunakan analisa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan pengawasan pada Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Sorong dilakukan melalui pengawasan yang dilakukan berdasarkan standar operasional prosedur dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Sorong.

References

Azzahro, Fauziah Fatimah, Rubiyanto, A. (2019). Upaya Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kelas II dalam Peningkatan Pelayanan Proses Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar. National Seminar on Maritime and Interdisciplinary Studies 1, 1(1), 165–171. https://e-journal.akpelni.ac.id/index.php/prosiding-nsmis/article/view/244
Barus, Viana I R br, Prananingtyas, Paramita, Malikhatun, S. (2017). Tugas Dan Tanggung Jawab Syahbandar Dalam Kegiatan Pengangkutan Laut Di Indonesia. Diponegoro Law Journal, 6(1), 1–13. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/dlr/article/view/15546
Bayuputra, T. B. (2015). Tinjauan Yuridis Mengenai Peran Syahbandar Dalam Kegiatan Pelayaran Angkutan Laut Di Indonesia. Lex Et Societatis, 3(3), 25–36. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexetsocietatis/article/view/7905
Darsono, N., Syibli, Y. M., & Akmal Fajar, M. (2021). Peranan Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam Dalam Izin Pembangunan Terminal Khusus. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 3(2), 41–49. https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v3i2.40
Jasruddin., Putra, Z., & Butuni, S. (2020). Analisis Tanggung Jawab Syahbandar Dalam Pelayaran Pada Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan. Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 410–415.
Muh. Nasrullah, Rudi Salam, Dwi Pratiwi, R. N. (2017). Motivasi Kerja Pegawai Di Kantor Keyahbandaran Utama Makassar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(2), 206–211.
Pratiwi, U., Rahmah, A., & Rantegau, C. (2021). Analisis Peranan Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Balikpapan Dalam Menunjang Keselamatan Kapal Dalam Pelayaran. Andromeda, 05(1), 12–24.
Published
2024-04-05
How to Cite
Isgar Muhammad Ricky Tumoka, & Sattu. (2024). Upaya Peningkatan Pengawasan Pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Sorong. Journal Governance and Politics (JGP), 4(1), 17-24. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/375
Abstract viewed = 176 times
pdf downloaded = 283 times