Kualitas Pelayananan Kesehatan Bagi Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pada Puskesmas Biak Kota

  • Intan Permata Sari IISIP YAPIS Biak
  • A.M. Dadang
  • Krismiyati Krismiyati IISIP YAPIS Biak
  • Nurlin Nurlin IISIP YAPIS Biak
Keywords: Kualitas Pelayanan

Abstract

Berdasarkan pelayanan yang terbilang lengkap di Puskesmas Biak Kota. Namun terdapat hambatan terkait kualitas layanan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), seperti tercatat di Puskesmas Biak Kota yang didapat dari hasil observasi bersama narasumber ditemukan beberapa hambatan-hambatan antara lain dari segi sarana dan prasarana seperti peralatan pelayanan yang terdapat pada Puskesamas Biak Kota pada umumnya sudah tidak memadai lagi, akses atau jaringan yang sering mengalami gangguan sehingga pelayanan menjadi terhambat. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti merumuskan masalah yang akan diteliti sebagai berikut. Bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pada Puskesmas Biak Kota, Peneliti mencoba mengkaji pendapat Zeithaml, Parasuraman dan Berry dalam (Hardiansyah, 2011:46) Kualitas Pelayanan dapat dilihat dari lima dimensi yaitu : Kehandalan (reliability), Ketanggapan (responsiveness), Jaminan (assurance), Empati, Bukti Fisik (tangible). Selain dari sarana dan prasarana penunjang pelayanan kesehatan, dari segi kehandalan umumnya pegawai sudah cukup baik, namun perlu ditingkatkan lagi karena masih adanya penumpukkan pekerjaan atau tugas yang menyebabkan pelayanan yang seharusnya selesai tepat waktu menjadi lambat meskipun demikian, Pelayanan Badan penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Di Puskesmas Biak Kota dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanannya sudah cukup baik, Akan tetapi masih terdapat kendala-kendala yang perlu di tingkatkan lagi sehingga pelayanan menjadi lancar dan terkendali.

References

Al-Assaf, A.F. (2009). Mutu Pelayanan Kesehatan: Prespektif internasional. Jakarta: EGC.
Gregory. (2008). Publication-taxonomic treatment Journal.
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.
Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (edisi revisi). Yogyakarta : Gava Media.
Kurniawan, Benny. (2012). Metodologi Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.
M. Ryaas Rasyid. (2002).Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan. Jakarta : Pusat Kajian Etika Politik dan Pemerintahan bersama Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia
Mahmudi. (2005). Manejemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan JKPN.
Miles Matthew B. (2000). Qualitative Data Analysis. USA
Mohamad, Armin. (2015). Pengaruh Kompensasi Terhadap Badang Penyelenggara Jaminan Kesehatan (Skripsi, Universitas Negeri Gorontalo)
Negara, Budi Satria Abdi. (2009). Upaya penyelesaian masalah kewarganegaraan bagi warga etnis Tionghoa berdasarkan Undang-Undang nomor 12 tahun 2006 di Kota Malang (Skripsi, Universitas Negeri Malang)
Rukhmana, Brainer. (2014). Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional Melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kota Malang Bagi Masyarakat Miskin. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang)
Semmaila, H. Baharuddin dan Yulianto, H. Indar. (2012). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Puskesmas Galesong Utara Kecamatan Galesong Utara. Makassar: PPs UMI
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulastomo. (2011). Sistem Jaminan Sosial Nasional: Mewujudkan Amanat Konstitusi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Undang-Undang Republik Indonesia No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang No.40 Tahun 2004 Tentang SJSN (Kementrian Kesehatan RI,2013)
Undang-Undang No.24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
Undang-Undang No.36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan
Wardhani, Nia Kusuma dan Himam, Fathul. (2011). Pengaruh Pelatihan Service Excellent Untuk Meningkatkan Pelayanan Perawat Yang Berorientasi Pada Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit (Tesis, Universitas Gadjah Mada)
Published
2024-04-05
How to Cite
Permata Sari, I., Dadang, A., Krismiyati, K., & Nurlin, N. (2024). Kualitas Pelayananan Kesehatan Bagi Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pada Puskesmas Biak Kota. Journal Governance and Politics (JGP), 4(1), 36-48. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/383
Abstract viewed = 371 times
PDF downloaded = 368 times