ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan E-Government dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Melalui kajian literatur, ditemukan bahwa E-Government mampu meningkatkan efisiensi administrasi, aksesibilitas layanan publik, serta transparansi dan akuntabilitas pemerintahan. Keberhasilan penerapan E-Government sangat bergantung pada kesiapan infrastruktur teknologi, komitmen pemerintah, partisipasi masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat dampak positif, beberapa tantangan masih perlu diatasi, termasuk peningkatan infrastruktur teknologi, edukasi masyarakat, dan pelatihan berkelanjutan bagi pegawai pemerintah. Saran yang diberikan meliputi investasi dalam infrastruktur teknologi, kampanye kesadaran dan pelatihan bagi masyarakat, pelatihan berkelanjutan untuk pegawai pemerintah, evaluasi rutin terhadap layanan publik, serta kolaborasi dengan sektor swasta dan akademisi. Dengan mengimplementasikan saran-saran tersebut, diharapkan penerapan E-Government di Kecamatan Tallo dapat lebih efektif dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.
References
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications, 201.
Grönlund, Å., & Horan, T. A. (2005). Introducing e-Gov: History, definitions, and issues. Communications of the Association for Information Systems, 15(1), 713-729.
Heeks, R. (2006). Implementing and Managing eGovernment: An International Text. Sage Publications, 3.
Moon, M. J. (2002). The evolution of e-government among municipalities: Rhetoric or reality? Public Administration Review, 62(4), 425.
Moon, M. J., & Norris, D. F. (2005). Does managerial orientation matter? The adoption of reinventing government and e-government at the municipal level. Information Systems Journal, 15(1), 25-42.
Ndou, V. (2004). E-Government for developing countries: Opportunities and challenges. The Electronic Journal of Information Systems in Developing Countries, 18(1), 9.
Scholl, H. J. (2003). E-Government: A Special Case of ICT-enabled Business Process Change. Proceedings of the 36th Annual Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS’03), 65.
Copyright (c) 2024 Rifdan, Haerul, Herlina Sakawati, Muhammad Nur Yamin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.