ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

  • Rifdan Universitas Negeri Makassar
  • Haerul Universitas Negeri Makassar
  • Herlina Sakawati Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Nur Yamin Universitas Negeri Makassar
Keywords: E-Government, kualitas pelayanan publik, Kecamatan Tallo.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan E-Government dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Melalui kajian literatur, ditemukan bahwa E-Government mampu meningkatkan efisiensi administrasi, aksesibilitas layanan publik, serta transparansi dan akuntabilitas pemerintahan. Keberhasilan penerapan E-Government sangat bergantung pada kesiapan infrastruktur teknologi, komitmen pemerintah, partisipasi masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat dampak positif, beberapa tantangan masih perlu diatasi, termasuk peningkatan infrastruktur teknologi, edukasi masyarakat, dan pelatihan berkelanjutan bagi pegawai pemerintah. Saran yang diberikan meliputi investasi dalam infrastruktur teknologi, kampanye kesadaran dan pelatihan bagi masyarakat, pelatihan berkelanjutan untuk pegawai pemerintah, evaluasi rutin terhadap layanan publik, serta kolaborasi dengan sektor swasta dan akademisi. Dengan mengimplementasikan saran-saran tersebut, diharapkan penerapan E-Government di Kecamatan Tallo dapat lebih efektif dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

References

Bannister, F., & Connolly, R. (2014). The great theory hunt: Does e-government really have a problem? Government Information Quarterly, 31(2), 23.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications, 201.
Grönlund, Å., & Horan, T. A. (2005). Introducing e-Gov: History, definitions, and issues. Communications of the Association for Information Systems, 15(1), 713-729.
Heeks, R. (2006). Implementing and Managing eGovernment: An International Text. Sage Publications, 3.
Moon, M. J. (2002). The evolution of e-government among municipalities: Rhetoric or reality? Public Administration Review, 62(4), 425.
Moon, M. J., & Norris, D. F. (2005). Does managerial orientation matter? The adoption of reinventing government and e-government at the municipal level. Information Systems Journal, 15(1), 25-42.
Ndou, V. (2004). E-Government for developing countries: Opportunities and challenges. The Electronic Journal of Information Systems in Developing Countries, 18(1), 9.
Scholl, H. J. (2003). E-Government: A Special Case of ICT-enabled Business Process Change. Proceedings of the 36th Annual Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS’03), 65.
Published
2024-04-05
How to Cite
Rifdan, Haerul, Herlina Sakawati, & Muhammad Nur Yamin. (2024). ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR. Journal Governance and Politics (JGP), 4(1), 49-61. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/389
Abstract viewed = 1464 times
pdf downloaded = 1960 times