EFEKTIFITAS KINERJA DOSEN TERHADAP PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN MUTU KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

  • Sukriadi Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
  • Nurlin Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
Keywords: Efektifitas, Kinerja Dosen, Pelayanan.

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam penelitian ini, tektik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak sudah maksimal dalam melakukan pelayanan terhadap mahasiswa/i dengan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik tentunya dengan standar-standar yang ada dan metode-metode pelayanan/pembelajaran yang dianggap efektif dan efisien dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai tenaga pengajar/dosen. Namun pada beberapa kasus dan masalah yang didapatkan dalam penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa berbicara mengenai efektifitas kinerja belum efektif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai tenaga pengajar/dosen. 

References

A. A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Rosda.
A. A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Abdul Wahab, Solichin. 2008. Analisis Kebijaksanaan. Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.
A Muwafik Saleh. 2010. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar, Jakarta Ali.
Beni Pekei. 2016. Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah Diera Otonomi. Buku 1. Jakarta Pusat : Tauhia.
Boediono. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Eko, widodo Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR.
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.
Keputusan Menteri Negara pendayagunaan Aparatur Negara No.81/1993. Tentang Pedoman Tatalaksana Pelayanan Umum.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.
Mahmudin. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. STIE YKPN.
Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Sondong P. Siagian. 2010. Sistem Informasi Manajemen. Bumi Aksara
Published
2025-01-01
How to Cite
Sukriadi, & Nurlin. (2025). EFEKTIFITAS KINERJA DOSEN TERHADAP PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN MUTU KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR. Journal Governance and Politics (JGP), 4(2), 86-98. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/450
Abstract viewed = 26 times
pdf downloaded = 18 times