Analisis Kesulitan Guru pada Proses Peralihan dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka di SMA Batara Gowa

  • Maemunah Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Kesulitan guru, Proses peralihan, Kurikulum 2013, Kurikulum merdeka.

Abstract

Perubahan kurikulum adalah salah satu upaya pemerintah secara konsisten untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, setiap pergantian kurikulum harus disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi terutama di bidang teknologi dan informasi. Kesulitan dialami guru dalam proses pembelajaran saat dua kurikulum harus dijalankan secara bersamaan seperti yang terjadi di SMA Batara Gowa. Metode penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan mengumpulkan beberapa artikel atau jurnal yang digunakan sebagai panduan dan informasi dalam melakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses penerapan Kurikulum Merdeka Belajar menimbulkan permasalahan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dikarenakan kurikulum ini belum sepenuhnya diterapkan. Selain itu, terbatasnya buku siswa serta kurangnya kemampuan dan kesiapan guru dalam menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi, kurang mahir dalam mengaplikasikan teknologi dalam pembelajaran, materi ajar yang terlalu luas, serta dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek, guru juga mengalami kesulitan dalam menentukan proyek serta kurangnya alokasi waktu untuk pembelajaran berbasis proyek. Masalah lainnya adalah menentukan bentuk asesmen yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, dan menentukan bentuk asesmen pada saat pembelajaran berbasis proyek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru menghadapi kesulitan dalam membuat perencanaan pembelajaran yang efektif, terutama dalam menyusun tujuan pembelajaran dan mengintegrasikan teknologi. Pelaksanaan pembelajaran juga terkendala oleh keterbatasan sumber daya, kurangnya kesiapan guru dalam penggunaan media pembelajaran, serta kesulitan dalam menentukan proyek yang tepat bagi siswa. Oleh karena itu penerapan Kurikulum Merdeka ini belum dilaksanakan sepenuhnya di semua kelas di SMA Batara Gowa.

References

Al Husna, A., & Rigianti, H. A. (2023). Analisis kesulitan guru selama proses pembelajaran pada saat pergantian kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3018-3026.
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022a). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818.
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022b). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Penerapan
Atmojo, I. R. W., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi (Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). CV Pajang Putra Wijaya.
Chairiyah, Y. (2021). Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 49-60.
Darman, R. A. (2021). Telaah kurikulum. Guepedia.
Ginting, L. S. D. B. (2020). Jurnalistik “Kemahiran Berbahasa Produktif”. Guepedia.
Herwanti, C., Zulaiha, S., & Amrillah, H. M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sdn 01 kepahiang (Doctoral dissertation, Institut Agama Negeri Islam Curup).
Indrayana, I. P. T., Manik, S. E., Lisnasari, S. F., Br, R. H., Suryaningsih, N. M. A., Marlinda, N. L. P. M., Maspuroh, U., Afriyani, N., Azizah, N. N., & Capricanilia, S. D. I. (2022). Penerapan Strategi Dan Model Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Media Sains Indonesia.
Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818.
Martatiyana, D. R., Derlis, A., Aviarizki, H. W., Jurdil, R. R., Andayani, T., & Hidayat, O. S. (2023). Analisis Komparasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Kurikulum 2013. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 96-109.
Mirnasulistyawati, M., Armelia, A., & Afdal, A. (2020). Analisis penerapan kurikulum 2013 dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Mappesona, 3(1).
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal Of Science Education, 1(1), 115–132.
Yani, J., & Srimulat, F. E. (2023). Administrasi pendidikan. CV. Tatakata Grafika.
Published
2025-01-01
How to Cite
Maemunah. (2025). Analisis Kesulitan Guru pada Proses Peralihan dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka di SMA Batara Gowa. Journal Governance and Politics (JGP), 4(2), 109-120. Retrieved from https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/459
Abstract viewed = 41 times
pdf downloaded = 34 times