AKSI NYATA FILOSOFI PENDIDIKAN “KHD” DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS LOKAL/BUDAYA BIAK (MAHKOTA ADAT PAPUA - KASWARI) DALAM MATERI TITIK BERAT DAN ELASTISITAS MATAPELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 BIAK KOTA
Abstract
Tujuan pendidikan adalah utnuk memajukan kehidupan manusia tanpa membedakan agama, suku, budaya, adat istiadat, kebiasaan, status ekonomi, sosial dan didasarkan pada nilai-nilai kemerdekaan sejati. Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara (KHD) mulai dibangkitkan dan diterapkan kembali ke dalam pembelajaran sehari-hari di kelas, yang dikenal dengan istilah Merdeka Belajar, melalui Aksi Nyata yang dipelopori oleh Guru Penggerak.
Aksi Nyata dilaksanakan penulis disini dengan menggabungkan 3 (tiga) hal, yaitu: (1) Penerapan Merdeka Belajar, (2) Materi Pelajaran Fisika, dan (3) Kearifan Budaya Lokal Biak; ke dalam suatu proses pembelajaran di dalam kelas. Penerapan Merdeka Belajar, dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL), yaitu metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Mata pelajaran Fisika, yaitu tentang Titik Berat dan Elastisitas. Sedangkan untuk kearifan budaya lokal Biak, yaitu pembuatan Mahkota Adat Papua – Kaswari.
Hasil pelaksanaan Aksi Nyata, yaitu : (1) Pengembangkan inovasi pembelajaran berpihak kepada murid sebagai tujuan Merdeka Belajar; (2) Berkolaborasi demi memaksimalkan kegiatan belajar anak; (3) Menanamkan pendidikan karakter menuju profil pelajar Pancasila berdasarkan konsep budaya Biak; (4) Peserta didik bebas berkarya sesuai minatnya dalam upaya menghemat energi; (5) Peserta didik mampu mempresentasikan produk yang dibuatnya tentang konsep, dilatih kemandiriannya saat mengerjakan tugas proyeknya dengan mencurahkan segala potensi yang dimiliki, mencari informasi dari berbagai literatur, seperti: buku, video youtube, searching google; dan (6) Penerapan model pembelajaran PjBL disisipkan dengan pemberian materi secara kontekstual sesuai kehidupan nyata dengan konsep kearifan budaya lokal di Biak.
References
Ducha, Marrisa Nurul. 2016. Konsep Pendidikan Ki hadjar Dewantara Sebagai Penguatan Manajemen Mutu Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Subiastuti, Arlies (2020). https:// arliesbarokah.blogspot.com/
https://hjarliesberkah.mapel.xyz/2020/12/aksi-nyata-filosofi-pendidikan-khd.html
https://docs.google.com/document/d/1pCEb44OvUs3kJ67qjuuixkox8WE89VRh/edit?usp=sharing&ouid=115967179108039098012&rtpof=true&sd=true
https://docs.google.com/document/d/1Iv3Sy27XkemHIPTN30ypq3tmfZrt_ibd/edit?usp=sharing&ouid=106996105967258672148&rtpof=true&sd=true
https://www.youtube.com/watch?v=U3yVrrZdPUY PRAKTEK FISIKA TITIK BERAT
https://www.youtube.com/watch?v=mF8n2oQIjY vidio vita PRAKTEK FISIKA TITIK BERAT
https://www.youtube.com/watch?v=QazDWgiVDNY Cara Cepat Mencari Titik Berat Gabungan - Fisika SMA Kelas 11
KEARIFAN LOKAL BUDAYA FARKAWAWIN SUKU BIAK DI DESA SYABES KECAMATAN YENDIDORI KABUPATEN BIAK NUMFOR
https://media.neliti.com/media/publications/94880-ID-kearifan-lokal-budaya-farkawawin-suku-bi.pdf Oleh : Nimbrot Nixon Padur Shirley Y.V.I. Goni Hendrik W Pongoh, Email : padurnixon@gmail.com (e-journal Volume VI. No. 2. Tahun 2017 )
Penciptaan Karya Seni Berbasis Kearifan Lokal Papua Oleh: Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A. INSTITUT SENI BUDAYA INDONESIA (ISBI) TANAH PAPUA Jl. Raya Abepura – Sentani, Waena, Sentani, Jayapura – 99225 Papua, INDONESIA 210002 ©Aseni 2021 Penciptaan Karya Seni Berbasis Kearifan Lokal Papua, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A.
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbpapua/tradisi-wor-dalam-budaya-orang-biak/ TRADISI WOR DALAM BUDAYA ORANG BIAK, AR Macap, 19-Sept-2017.
https://forms.zoho.com/smanegeri1biak/home#myforms
Copyright (c) 2022 Arlies Subiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.